Komponen-Komponen Wajib Sebuah Toko Online

Dalam perkembangan teknologi, kini orang menuntut sesuatu yang instant. Bahkan untuk memenuhi keperluan sehari-harinya. Oleh karena itu, model penjualan seperti toko online jadi sangat diminati oleh masyarakat. Bak gayung bersambut, sekian banyak toko online kemudian bermunculan. Beberapa tampil dengan totalitas, namun beberapa tampil seperti proyek gagal yang berjalan. Nah, agar toko online anda bisa masuk di kategori “totalitas”, anda harus mulai memperhatikan komponen-komponen penting sebuah toko online berikut. Selamat membaca :-)
1. Memilih Nama Domain
Jelas sekali suatu toko online harus memiliki alamat / nama domain yang jelas. Karena memilih nama domain seperti memilih brand / cap / merek anda yang akan diingat orang lain, maka untuk pemilihan nama domain ini saya sarankan agar cari yang mudah dihafal dan singkat saja, tidak lebih dari 2 kata. Anda mungkin bisa membaca ulasan singkat yang kami ambil dari arsip lama kami mengenai Cara Klasik Memilih Domain di sini
2. Foto Produk Harus Jelas dan Sama dengan Aslinya
Anda bisa menjual product yang disuplai dari produsen, atau product yang Anda produksi sendiri. Kemudian ambil foto dari product – product tersebut di berbagai sisi agar pelanggan bisa lebih memahami dan membayangkan seperti apa product yang akan dibelinya. Sebab pada dasarnya berjualan online adalah berjualan gambar.
3. Deskripsi Produk yang Jelas
Setelah tertarik dengan foto2, pasti konsumen ingin membaca detail product yang akan dia beli. Maka kami sarankan Anda membuat deskripsi yang jelas, menarik namun tidak mengada-ada demi kepuasan konsumen. Anda cantumkan juga harga pas agar konsumen tahu berapa ongkos yang harus dia keluarkan dan sebagai perbandingan antara product satu dan lainnya.
4. Kategori dan Sub Kategori Product
Pengelompokan kategori maupun sub kategori harus jelas untuk memudahkan konsumen untuk memilih dan mencari product yang diinginkannya. Juga untuk memudahkan pemilik dalam mengelompokkan dagangannya.
5. Fitur Search
Fitur Search juga harus dimiliki suatu toko online untuk memudahkan pengunjung mencari product yang dia inginkan baik berdasarkan nama, kode, maupun brand-nya. Karena jika harus mencari satu per satu kategori dan sub kategori tersebut akan cukup merepotkan bagi pelanggan, terutama bagi mereka yang koneksi internetnya masih pakai dial-up.
6. Navigasi (Menu dan Sidebar)
Navigasi / sidebar sangat dibutuhkan user untuk memudahkan mereka mencari informasi yang dia inginkan dari menu ke menu tanpa harus kembali membuka halaman awal untuk masuk ke halaman selanjutnya.
7. Footer Menu
Menu footer berfungsi sebagai penyeimbang navigasi atas / menu bar. Selain itu memudahkan customer yang sudah terlanjur scroll ke bawah untuk membuka halaman selanjutnya tanpa harus kembali scroll ke atas.
8. Shopping Cart
Suka atau tidak, faktanya tombol add to cart sekarang sudah mengakar di mindset masyarakat untuk membedakan antara sebuah website biasa dengan website toko online. Jadi jangan lupa untuk menambah fitur shopping cart di toko online Anda.
9. Banner
Selain untuk mempercantik dan merapikan tampilan website Anda, elemen banner juga berfungsi sebagai sarana promosi bagi toko online Anda.
10. Testimonial
Jangan lupa meminta customer yang sudah membeli product Anda untuk meninggalkan testimoni. Karena sedikit banyak hal ini bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan / trust dan transaksi terhadap product Anda.
11. Informasi yang Jelas
Informasi contact seperti alamat toko, account YM, nomor telfon, e-mail dan informasi jadwal online merupakan hal terakhir yang harus dicantumkan pada toko online anda. Agar customer bisa menghubungi anda dengan cara yang dirasanya nyaman.
12. Artikel
Selain untuk penjelasan promo atau iklan, sebuah artikel memegang peranan penting untuk SEO. Ulasan mengenai Alasan Bisnis Anda Harus Punya Blog berikut ini mungkin bisa mengubah pandangan anda mengenai pentingnya kegiatan ngeblog.
Sumber : http://mediabisnisonline.com

0 komentar:

Posting Komentar